Cara Cek Kuota Belajar dan Daftar Aplikasi yang Bisa Diakses

cara cek kuota belajar
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Cara Cek Kuota Belajar Mudah dan Cepat Melalui Smartphone

Pandemi COVID-19 membawa banyak perubahan pada kehidupan kita semua. Termasuk para pelajar yang harus belajar dari rumah masing-masing secara online. Kuota belajar tentu sangat dibutuhkan agar mereka semua bisa belajar dengan baik dan lancar tanpa hambatan. Berikut adalah cara cek kuota belajar agar para pelajar tidak sampai kehabisan koneksi internet.

cara cek kuota belajaridth=”452″ height=”226″ /> cara cek kuota belajar

  1. Indosat Ooredoo

Bagi pengguna provider Indosat Ooredoo, paket internet untuk keperluan belajar bisa diperiksa dengan menghubungi *123*075#. Namun, cara cek kuota belajar Indosat bisa jauh lebih mudah jika menggunakan aplikasi myIM3 di smartphone.

  1. XL

Pelanggan kartu provider XL juga bisa mendapatkan layanan koneksi internet khusus untuk bersekolah. Pemeriksaan sisa paket data untuk sekolah bisa dilakukan dengan cara menghubungi nomor *123#. Selanjutnya pilih menu sesuai dengan petunjuk yang tertera. Agar lebih mudah, pemeriksaan kuota juga bisa dilakukan lewat aplikasi myXL. Cara ini juga berlaku bagi pengguna kartu provider AXIS.

  1. Telkomsel

Cara cek kuota belajar Telkomsel juga sama mudahnya dengan provider yang lain. Pelajar yang menggunakan kartu provider ini bisa memeriksa jumlah paket data untuk bersekolah lewat nomor *888#. Agar lebih mudah dan cepat, pelajar juga disarankan untuk mengunduh aplikasi MyTelkomsel di smartphone mereka.

  1. Tri

Kartu provider yang satu ini juga ikut berpartisipasi memberikan fasilitas bagi para pelajar agar bisa bersekolah dengan lancar selama pandemi. Sisa kuota untuk belajar bisa diperiksa dengan cara menghubungi nomor *123*10*3#. Namun, pelajar juga bisa melakukan pemeriksaan kuota lewat aplikasi Bima+.

Perlu dilakukan cek kuota belajar ini secara berkala sehingga pelajar bisa mengetahui apakah mereka masih punya koneksi yang lancar atau tidak. Jangan sampai sewaktu-waktu kuota habis dan proses bersekolah daring terhambat. Apalagi jika sedang ada hal-hal penting yang harus diikuti seperti ujian misalnya.

Aplikasi dan Website yang Bisa Diakses Menggunakan Kuota Belajar

Selama bersekolah daring tentu para pelajar butuh akses yang mudah ke situs belajar mereka. Berikut adalah beberapa situs dan aplikasi yang bisa diakses dengan menggunakan kuota belajar.

  1. Aminim
  2. Ayobelajar
  3. Bahaso
  4. Duolingo
  5. Udemy
  6. Zenius
  7. Quipper
  8. Ruang Guru
  9. Kipin School 4.0
  10. Google Classroom
  11. Ganecadigital
  12. Edukasystem
  13. Edmoso
  14. Cakap
  15. Birru
  16. Microsoft Education
  17. Rumah Belajar
  18. Mu
  19. Situs aksi.puspendik.kemedikbud.go.id/membacadigital
  20. kemendikbud.go.id
  21. seamolec.org
  22. kemedikbud.go.id

Selain beberapa situs di atas sebenarnya masih banyak situs belajar lain yang bisa diakses oleh para pelajar Indonesia. Tak hanya dari Indonesia, situs belajar luar negeri juga sangat banyak; baik yang gratis maupun yang berbayar.

Tak hanya belajar online melalui internet, pelajar juga bisa mengakses Whatsapp dengan kuota belajar mereka. Whatsapp menjadi salah satu media komunikasi yang banyak digunakan di masa sekolah daring seperti sekarang. Apalagi sekarang Whatsapp menyediakan fasilitas video call dengan jumlah peserta yang cukup banyak sehingga mendukung kegiatan bersekolah secara daring.

Itulah tadi cara cek kuota belajar untuk beragam jenis operator. Selain itu ada juga banyak aplikasi maupun situs yang bisa diakses untuk tetap bersekolah di rumah. Ini menjadi bentuk kepedulian pemerintah untuk tetap bertahan di tengah pandemi COVID-19 yang masih melanda. Namun, jika Anda kehabisan kuota belajar, Anda bisa membeli kuota dengan harga murah hanya di D’Flash.

Scroll to Top