Kuota Internet Paling Irit? Berikut Rekomendasinya

kuota internet paling murah
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Kuota Internet Paling Irit bagi Pelajar dan Mahasiswa

Dengan diberlakukannya sistem daring pasca new normal, penggunaan kuota jadi membengkak. Untuk itu, pemerintah dan beberapa provider menawarkan kuota internet paling irit yang bisa digunakan untuk pembelajaran daring.

Nah, bagi Anda yang kebetulan belum menemukan paket internet murah untuk pelajar dan mahasiswa, berikut adalah 3 provider yang menyediakan paket internet termurah 2020.

kuota internet paling murah
kuota internet paling murah
  1. Telkomsel

Salah satu provider yang memiliki paket internet murah adalah Telkomsel. Normalnya, Telkomsel terbilang mahal, namun kualitas jaringannya cukup cepat. Akan tetapi di masa pandemi ini, Telkomsel mengeluarkan Paket Belajar untuk Pelajar dan Mahasiswa 10GB hanya dengan Rp10. Hal ini merupakan kabar segar untuk para pelajar. Karena mereka bisa mengikuti pembelajaran daring dengan mudah dan tanpa hambatan jaringan.

Paket ini sudah diluncurkan sejak Agustus 2020. Cara mendapatkannya pun sangat mudah. Bagi Anda yang sudah memiliki nomor Telkomsel Anda bisa mengakses melalu *363*844# atau bisa juga melalui aplikasi My Telkomsel yang dapat diunduh di Google Play Store.

Nah, setelah Anda mendapatkan kuota belajar, Anda bisa mengakses beberapa aplikasi belajar, seperti Zenius, Quipper, Rumah Belajar, Zoom, Google Classroom, Google Meet, dan masih banyak lagi.

  1. Indosat Ooredo

Provider yang satu ini juga turut berkontribusi dalam penyedia kuota belajar. Bagi Anda yang sudah memiliki nomor Indosat, Anda bisa cek status kuota di *123*075# atau Anda bisa mengunduh aplikasi myIM3 di Google Play Store. Pengguna yang sudah terdaftar akan mendapatkan bantuan kuota tiap bulannya. Uniknya, bantuan kuota tersebut berbeda tiap kategorinya.

  • PAUD, akan mendapatkan bantuan 20GB (15GB Kuota belajar + 5 GB internet).
  • Pelajar, akan mendapatkan bantuan 35GB (30GB Kuota belajar + 5 GB internet).
  • Kategori guru, akan mendapatkan bantuan 42GB (37GB Kuota belajar + 5 GB internet)
  • Kategori dosen dan mahasiswa akan mendapatkan bantuan 50GB (45GB kuota belajar + 5 GB internet).

Pembagian bantuan tersebut memang disesuaikan dengan kebutuhan tiap kategori.

  1. XL Axiata dan AXIS

Sama halnya dengan dua provider sebelumnya, XL dan AXIS juga mendukung dan membantu menyediakan bantuan belajar untuk menyukseskan pembelajaran daring. Bagi Anda pengguna  XL maupun AXIS, akan didata melalui Pusdatin Kemendikbud. Kemudian pihak XL akan melakukan verifikasi nomor sebelum menyalurkan bantuan kuota belajar untuk nomor yang telah didaftarkan. Cara mengecek status paket belajar pun cukup mudah. Tekan *123# kemudian pilih info – pilih info kartu XLku – pilih cek kuota – lalu pilih paket Terus Belajar.

Tips Menghemat Kuota

Setelah Anda mendapatkan bantuan kuota dari provider, ada baiknya Anda melakukan tips berikut, agar kuota Anda lebih hemat.

  1. Matikan notifikasi aplikasi yang tidak dibutuhkan, seperti sosial media yang tidak terkait dengan media pembelajaran.
  2. Matikan auto-update aplikasi di Google Play Store.
  3. Nyalakan notifikasi peringatan penggunaan data, dengan ini Anda bisa memantau seberapa besar kuota yang sudah Anda gunakan.
  4. Jangan gunakan kuota untuk hal-hal yang kurang penting.

Nah, setelah membaca informasi di atas, tentu Anda sudah tidak khawatir lagi dengan penggunaan kuota Anda, namun Anda juga harus tetap bijak dalam menggunakan kuota.

Karena penggunaan internet saat pandemi meningkat, hal ini bisa Anda manfaatkan untuk memulai bisnis jualan pulsa dan kuota loh. Anda bisa menemukan informasi pendaftaran dan daftar harga kuota internet paling irit lainnya di D’Flash.

Scroll to Top